Menyoal fatwa facebook haram..*tuing tuing

Ana bukan ustad, bukan pula pak aji..ana jg bukan sarjana al-azhar cairo..ana cuma seorang pegawai masa training yg isinya ngerjain kuis mulu (curhat..) tp berhubung td liat di impotenment (untuk shbt gosipku keket..u must watch it this morning right??!!) perihal akan dikeluarkannya fatwa MUI jatim mengenai berfacebook ria itu haram, ana jd gatel juga numpahin unek2..
Tadi artis yg mirip ana (read : raffi ahmad) bilang kalo teknologi gak bisa disalahkan, baik tidaknya teknologi berpulang kpd penggunanya..kalo pacar ana bilang (read : luna maya) facebook itu justru baik untuk mengisi waktu luang sekalian menjalin silaturahmi..nah si Charlie ST (ni bocah ternyata lulusan teknik mesin UI) komentar yg relative serupa juga dilontarkan..
Beberapa hari ini juga byk tmn2 ana yang nyebar isu facebook haram..dan sebagian besar berpendapat seragam..
“facebook haram kalo maennya mpe lupa wkt, ninggalin sholat, makan, ama ******** (buat yg udah nikah :p)”

jd intinya sepakat..itu berpulang ke individu masing-masing. Makanya ana ama kebanyakan org di indonesia tercinta ini rada heran ama kemungkinan fatwa MUI jatim yg bakal mengharamkan facebook. Sebenernya fatwa kan ditujukan untuk memberikan penjelasan kepada umat mengenai suatu hal yg tidak tersurat dalam Qur’an ma hadits..tujuannya untuk memberi pencerahan kpd umat agar tidak terjerumus ke jalan yg gak bener. Perihal status hukum fatwa ulama, fatwa boleh diikuti boleh juga enggak. Namun kalo mau cari aman sih ya mending ikutin ajah,,toh mereka lebih tau mengenai agama..secara dari namanya ajah dah ketauan, ulama = org yg berilmu..

sekarang jd persoalan nih, gmn kalo fatwa ulama dah byk yg ngebantah,,?? Hancurnya akhlak umat dimulai dari buruknya kualitas ulama..tanda-tanda buruknya kualitas ulama ya seperti skrg ini, nasihat ulama pada gak didenger..malah sebagian kalangan terang2an mengolok2 (ini kelakuan si JIL asli yg super duper brengsek!!! *kesel ) disini ana gak mau ikut2an mengolok2 * takut kualat :p…tp ana cuma mau sedikit mengkritisi (halah)..
menurut Prof. Aris Febriantara, ST, MBA, PhD, profesor ilmu teknik, ekonomi, teologi, dan nujum dari University of Illinois at Urbana Campaign, fatwa ulama boleh dilakukan pada bidang fikih, muamalah, dan dampak sosial serta lingkungan yg tdk tersurat dalam Qur’an dan hadits dan dilakukan melalui ijma’ secara kelompok atas dasar permintaan umat. Dari definisi ajah dah jelas, fatwa ttg hukum riba bank, merokok, nikah beda agama, hukum penggabungan pajak dan zakat, dsb adalah contoh2 fatwa yg sangat dibutuhkan krn status hukumnya ambigu..org2 silang pendapat..dan itu memerlukan kepastian hukum dan caranya ya melalui fatwa ulama. Sedangkan kalo masalah facebook, fatwa ulama menjadi gak relevan dg definisi dari pakar yg telah disebut diatas!!! Knp gak relevan?? Pertama, fakta bahwa sesuatu yang berlebihan pasti gak bae ( JK’s style) adalah hal yg diketahui oleh hampir semua org dan smua golongan. Ana berani bertaruh, andai hukum ini keluar isinya pasti gak jauh dari fakta tersebut..
contoh :
Fatwa MUI Jatim mengenai facebook :
Facebook haram!!! tp….dengan catatan mengabaikan waktu, meposting gambar2 porno, mengabaikan kewajiban,,bla bla bla…

Fatwa diatas penting gak sih?? Menurut ana sama sekali gak penting…halah-haram itu kadang relatif kok..ente percaya gk kalo sholat itu haram?? puasa jg haram?? ana sih percaya..tapi jelas ada syaratnya atau bahasa kerennya ada conditional variabelnya..sholat haram kalo dilakukan diantara waktu ashar dan maghrib, atau haram kalo dilakukan menghadap kuburan misalnya..puasa jg haram kalo dilakukan di hari raya atau puasa sehari semalem jg gak boleh…sesuatu bisa jd halal dan haram tergantung dari kondisi dan kadarnya..sesuatu yg berlebihan cenderung menjadikan ia sia-sia dan gak baik..demikian juga dengan facebook!! Jgnkan facebook, zikir kelamaan aja bisa haram kalo mengabaikan waktu dan kewajiban kpd keluarga dan lingkungan!!

Kedua, fatwa seharusnya gak sebut merk..knp? ya jelas ajah gak boleh..soalnya jd rancu..okelah skrg MUI mengharamkan facebook, terus umat beralih ke plurk, My Lots, atau situs jejaring sosial lain..berarti gak haram dunk?? Terus nanti MUI buat fatwa haram lg untuk masing2 situs?? Ya ampuunn..bikin pusing dan ngabisin wkt ajah..atau mending sekalian ajah adain fatwa internet haram..?? *bisa dimusuhin org satu planet tuh

Ketiga, fatwa gak bisa menghakimi teknologi even it’s created by a jew…kalo ana bilang, smua teknologi ada baik dan buruknya..teknologi baik kalo dipegang ma org yg bener, dan teknologi bisa merusak kalo dipegang org jahat..lalu kalo alasannya facebook haram krn punya yahudi?? Jawabannya, ilmu pengetahuan itu tapal batas..gak kenal batas2 wilayah, gender, agama, negara, dll…ilmu untuk semua..untuk alam smesta..terlalu sempit pikiran seorng ilmuwan yg nasionalis sejati!! Lalu gmn tindakan kita kalo facebook dijadikan org yahudi untuk menghancurkan Islam? Ya kita balikin, kita hancurkan mereka dengan teknologi mereka sendiri, caranya? Buanyaakkk!! Bisa jadiin ajang dakwah, jgn beriklan or klik iklan, jgn merusak moral dengan masukin miyabi dan tmn2nya,,dan masih banyak lageee..
Udah ah,,kebanyakan takut antum2 bosen bacanya..ana sih ngarep MUI bisa lebih bijak mengenai obral fatwa ini, ana sangat menghargai MUI kok…benerrr,,sumpahh..seriuss.. * jujur mode on

Internet bukan teknologi yg harus dihindari, justru sebaliknya harus dipelajari dan dikembangkan..emang sih internet kadang bikin org jd individualis, gak peka lingkungan, dan lain-lain..suatu penelitian dari Stanford University pernah menyatakan bahwa dari taun ke taun jumlah jam seseorang menggunakan internet per minggu semakin bertambah..imbasnya ya semakin sedikit waktu yang mereka habiskan untuk keluarga, teman, dan masyarakat..tp penelitian ini prematur..toh gak semua org begitu..intinya ya balik lagi ke individu..
Satu lg sebelum ana ngabisin nih topik, seperti ana bilang sebelumnya, sesuatu itu relatif..halal-haram pun bisa relatif..kalo kata mbah Einstein sih wkt relatif..percaya gak? harus percaya..

If We touch a hot pan a second it feels like an hour, and if we touch a hot woman an hour it feels like a second..*cuplikan dari pilem barat yang lupa judulnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: