Iseng-iseng ajah

Hanya sekedar unek-unek di waktu luang. Teringat beberapa kalimat/ungkapan yang sering dilontarkan banyak orang yang membuat saya agak risih mendengarnya, hufft..

1. Tuhan ajah bisa maafin masa kita sebagai hambanya ga bisa memaafkan

Udah ratusan bahkan mungkin ribuan kali kalimat ini saya dengar, baca, dan saksikan. Setiap kali kalimat tersebut muncul dengan tipe seperti itu, selalu saja dahi saya berkenyit? Hello? Tuhan itu maha pemaaf dan kesan dalam kalimat tersebut seolah-olah menunjukkan bahwa kita sebagai hamba melebihi kemahapemaafan Tuhan. Mungkin orang yang mengucapkan kalimat tersebut tidak bermaksud demikian, namun bukankah kodratnya manusia memang sulit memaafkan, apalagi terhadap sesuatu yang merugikan dirinya. Tak ada dosa dan kesalahan manusia kecuali menyekutukanNya,  yang tidak bisa diampuni/dimaafkan Tuhan, tetapi sebagai manusia? Rasa-rasanya urusan sepele pun bisa jadi dendam kesumat yang terbawa sampai akhir hayat. Lalu, masih pantaskan ungkapan tersebut diucapkan?

2. Tidak usah menyalahkan orang lain kalau diri sendiri belum suci

Hah, satu lagi ungkapan nyebelin dan nyeleneh. Tidak jarang ketika ada kasus pornografi/pornoaksi, korupsi, ataupun tindakan tercela lainnya beragam komentar dari orang-orang adalah ‘gak usah sok suci deh’, ‘ lo sendiri belum suci gak usah menghakimi orang lain’, atau ‘muna lo, kayak lo suci ajah’ dan sejenisnya seperti ungkapan diatas. Aneh bin ajaib, padahal kita tahu di dunia ini hanya Rasulullah SAW sebagai manusia suci yang tak luput dari dosa. Bagaimana kalau manusia biasa? Setiap hari pun sebagian besar kita pastilah berbuat dosa. Tidak salah jika setiap hari pun manusia dianjurkan untuk meminta ampun (istighfar) kepada Tuhan. Ungkapan diatas hanyalah ungkapan dari manusia kerdil yang tidak mampu memberikan argument berbobot. Seolah-olah orang lain tidak boleh menegur kesalahan orang lain karena orang yang menegur itu sendiri banyak dosa. Padahal sesama manusia patutlah untuk saling mengingatkan.

3. Gak usah menjelekkan timnas, kayak pada bisa main bola ajah

Haha..yang ini hanya gurauan..efek timnas kalah lawan Bahrain sih. Tapi terus terang kalau ada orang mengucapkan itu rada gusar juga. Memang saya dan 10 teman saya misalnya diadu sepakbola lawan timnas, ya jelas kalah telak. Atau 11 dosen fisika bertanding bola dengan mereka, jelas para dosen ini babak belur. Hal ini karena keahlian saya, dosen, ataupun punggawa timnas berbeda. Namun yang jelas, kami merasa professional karena mendapat bayaran dari apa yang kami lakukan. Pegawai, penulis, olahragawan, dan profesi lainnya jelas sama. Pemain timnas setiap hari berlatih dan bertanding sepakbola, dan untuk itulah mereka dibayar. Jadi kalau kalah mulu, jangan salahkan kami jika kesal terhadap timnas.  :)

One thought on “Iseng-iseng ajah

  1. odranoer October 26, 2011 at 4:30 am

    payah lo ris, kaga aktip nulisnya. coba tulisin dong ttg gmn situasi kantor lo saat ini. kan sering nongol tuh di berita. berita terpanas ttg pembunuhan 3 orang, yg salah satunya pamannya roy sukro. kayanya seru tuh klo dibuat cerita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: