5 Nama Favorit

Apalah arti sebuah nama? Sebuah ungkapan terkenal dari pujangga Inggris William Shakespeare. Terkesan bahwa nama tidaklah penting, walaupun Shakespeare menggunakan ungkapan ini hanya dalam  kisah karangannya yang terkenal Romeo-Julliet  dimana kedua sejoli tidak bisa bersatu karena kedua nama belakang mereka menunjukkan dua keluarga yang sudah bermusuhan bertahun-tahun.

Apalah arti sebuah nama? Dalam Islam nama adalah doa. Orang tua wajib memberikan nama terbaik untuk anak-anaknya. Nama mencerminkan harapan, sebuah keinginan orang tua ingin seperti apa anaknya kelak ketika dewasa.

Dari jutaan nama yang ada, ada beberapa nama yang sangat saya sukai. Bahkan ingin rasanya nama-nama tersebut saya sematkan untuk anak-anak saya kelak.🙂

Berikut nama-nama favorit saya, yang sebenarnya saya tidak memiliki alasan detail mengapa menyukai nama tersebut.

1. Aisyah

Yap, Aisyah adalah salah satu nama yang paling saya suka. Aisyah berarti “hidup dan sehat”. Aisyah juga seringkali dijuluki “Ibu para mukmin” yang merujuk kepada Syaidah Aisyah Binti Abu Bakar istri Rasulullah SAW. Entah saya tidak memiliki alasan spesifik mengapa saya sangat suka nama ini.

2. Annisa

Sebuah nama paling manis untuk wanita menurut saya. Artinya sendiri adalah “wanita” dalam bahasa arab. Selain nama yang memiliki arti manis, pengucapan annisa juga sangat simple. Seringkali mereka dipanggil anis atau nisa.

3. Fatima

Jika kedua nama sebelumnya artinya yang membuat saya suka, namun untuk nama Fatima saya menyukainya karena penyandangnya. Yap, Fatima binti Muhammad SAW. Seorang wanita penghulu surga. Artinya sendiri adalah “pendiam”, “lembut hati”, dan “putri sang nabi”.

4. Fatih

Sama seperti nama Fatima, nama Fatih adalah nama favorit saya karena penyandangnya. Saya adalah pengagum Sultan Muhammad Al-Fatih atau Mehmet 2 dari kesultanan turki ottoman. Ia adalah seorang ksatria yang berhasil menaklukan konstantinopel dan Vlaud Dracul. Artinya adalah “sang penakluk”. Sebuah nama yang hebat.🙂

5. Hussain

Lagi, karena penyandangnya. Hussain bin Ali, seorang cucu Rasulullah yang syahid di Karbala. Nama ini juga sebuah nama arab yang enak didengar dan diucapkan. I like it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: