Kapan kepastian itu datang?

Hari ini, 12.000 karyawan dimana perusahaan saya bekerja masih melanjutkan aksinya untuk mogok kerja. Mereka harap-harap cemas menanti hasil perundingan yang sedang berlangsung. Genap satu pekan tidak ada aktivitas kerja terutama di bagian produksi, ini menyebabkan ribuan karyawan yang masih di jobsite harus rela menunggu di rumah dan barak mereka masing-masing. Lelah memang, fisik maupun mental. Dalam setiap benak mereka pasti terselip berbagai macam pertanyaan, kapan semua ini berakhir? Apakah tuntutan-tuntutan kami bisa tercapai? Dan masih banyak lagi. Mereka lelah menunggu kepastian.

Setiap orang mungkin pernah mengalami hal ini, dalam berbagai bidang. Banyak teman kuliah saya ketika lulus dan melamar berbagai macam pekerjaan di banyak perusahaan dihadapkan pada situasi dimana mereka menunggu sebuah jawaban. Ada kalanya menunggu berbulan-bulan, dan sering kali sebuah perusahaan sudah menawarkan kontrak namun ia masih menunggu jawaban perusahaan idaman yang belum kunjung datang. Dilema tentu, apakah ia harus mengambil resiko tinggi dengan mengabaikan tawaran kontrak, atau mengambil sesuatu yang memang sudah di depan mata.

Supervisor saya pun pernah mengalami situasi serupa, ia pindah ke departemen saya sekarang karena dijanjikan jabatan level 2. Padahal di departemen sebelumnya, ia juga dijanjikan jabatan serupa. Namun karena belum pasti dan masih menunggu OrgChart baru, maka ia pun memilih pindah departemen. Seringkali ia mengatakan “Gue sih yang ada di depan mata aja diambil ris, daripada nunggu lama tapi belum pasti?”

Ada sebuah kasus lain. Beberapa hari lalu, pacar teman saya memutuskan hubungan cintannya yang sudah terjalin dua tahun. Ia wanita yang sudah bekerja dan berusia 24 tahun. Hubungannya kandas karena teman saya tidak bisa tegas dan memberikan jawaban pasti akan keseriusan hubungan mereka. Wanita itu hanya perlu keseriusan, tidak peduli apakah mereka akan naik pelaminan tahun ini ataupun tahun depan. Ia hanya ingin mendapatkan kepastian sehingga hatinya dapat tenang dan nyaman.

Tulisan saya ini tidak mengandung tema spesifik, namun saya ingin katakan dengan gamblang “Kapan kepastian itu datang?” 

4 thoughts on “Kapan kepastian itu datang?

  1. ria July 10, 2011 at 4:11 pm

    hehehhehe a aris

  2. febriantara July 10, 2011 at 4:16 pm

    hehehehehe ria

  3. Dwidjo July 30, 2011 at 12:26 pm

    haha…. kirain tempat gw doang yg ada “gak pasti”-nya…. ternyata sekelas Freeport juga ada tohhh….. Ris, kunjungin blog gw lahh…… djwondo.blogspot.com

    Di komen, dikritisi dan di follow yaa…. Thanks before….

  4. febriantara July 30, 2011 at 12:31 pm

    Yang pasti ya cuma mati jo..dijamin deh..pasti kita semua kembali pada-Nya🙂

    oke gue akan kunjungin…

Leave a Reply

