Let we develop our strength

“Ris, lo bisa berenang? “

“Gak”

“Nyanyi yuk, lo yang megang bass”

“Gue ga bisa maen gitar”

“Kak, bisa benerin komputer gak?”

“Komputernya keluaran diatas tahun 90 yah? Ga bisa, kalo komputer jadul keluaran IBM generasi pertama kakak bisa”

Diatas hanyalah sedikit gambaran tentang diri saya ketika dimintai tolong, hampir sebagian besar saya ‘mengecewakan ‘ mereka dengan mengatakan “aduh gak bisa”, bahkan beberapa teman mengejek saya “sebenernya kelebihan lo apa sih?” what the hell statement😦

Manusia diciptakan dengan berbagai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ada seorang yang sangat jenius di bidang sains, namun biasanya (walaupun tidak semua) sangat lemah di bidang sastra. Ada seorang yang begitu luar biasa dalam berkomunikasi dengan baik, dan pun sebaliknya. Dua orang lulusan almamater sama memiliki jalan hidup berbeda, satu sukses dalam karir namun tidak dalam rumah tangga, sedangkan satu orang lainnya biasa saja dalam karir namun tentram rumah tangganya. Contoh-contoh kecil diatas menggambarkan sedikit realita yang ada dalam lingkungan kita.

Dari kelebihan dan kekurangan, kita bisa melihat bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, mungkin seseorang lebih banyak memiliki kekurangan dibandingkan kelebihannya, mungkin juga sebaliknya. Apakah kita harus memperbaiki kekurangan kita? Jawabannya TIDAK! Tuhan hanya memberi kita waktu singkat untuk hidup di dunia, akan begitu banyak waktu terbuang ketika kita hanya memikirkan untuk menghilangkan kekurangan yang kita miliki. Jauh lebih efektif adalah bagaimana kita memaksimalkan kelebihan yang kita punya menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat untuk kita dan orang lain.

Ada seorang bocah terlahir dari keluarga miskin di Argentina 24 tahun lalu, ayahnya hanyalah seorang buruh pabrik dan memiliki ibu seorang pembantu paruh waktu. Sejak kecil ia divonis memiliki penyakit kekurangan hormon pertumbuhan, sehingga dokter hanya memprediksi tingginya tidak akan lebih dari 150 cm. Tapi sang bocah memilki kelebihan dalam bermain bola, selalu ia mengasah kemampuannya sehingga menarik pemandu bakat klub sepak bola Barcelona untuk merekrutnya. Dan anda pasti sudah bisa menebak, ya dialah LIONEL MESSI, pesepakbola terbaik abad ini. Andai saja seorang leo terpuruk akan segala kekurangannya, andai saja ia tidak melupakan kelebihannya dan membiarkannya tenggelam, tentu kita tidak akan menyaksikan gocekan indahnya di pentas sepak bola dunia saat ini.

Jika saja kita hanya memiliki satu kelebihan namun mampu mengoptimalkannya, dunia tidak akan membahas ribuan kekurangan yang kita miliki. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: