Sambal dabu-dabu

Kalau saja saya ditanya beberapa tahun lalu apa makanan terenak dan favorit saya, mungkin saya hanya akan menjawab mie instan, ayam goreng, dan serabi kuah pindang. Tapi sekarang, hmm nampaknya ada satu lagi makanan atau lebih tepatnya pelengkap makanan favorit saya, yap sambal dabu-dabu. Sekitar 1.5 tahun lalu ketika saya memulai petualangan di Tembagapura, saya mengenal berbagai masakan dan sambal asal kota manado, yang memang terkenal memiliki hobi memasak masakan pedas. Ada sambal cakalang, roa, dan dabu-dabu. Dan yang paling berkesan untuk lidah saya, tentu saja sambal dabu-dabu.

Sambal sederhana yang terlihat tidak istimewa ini memang sangat mudah dibuat, hanya cukup mengiris cabe rawit, bawang merah, dan tomat kemudian dicampur dengan minyak sayur, jeruk nipis, dan ditambah dengan daun kemangi untuk menambah aroma, sambal ini mampu menyihir dan membuat saya ketagihan.  Biasanya, dalam hidangan masyarakat manado, sambal dabu-dabu digunakan sebagai pelengkap ikan bakar atau goreng. Namun jangan salah, apapun lauknya entah daging, ayam, tempe, semua terasa enak dan menambah nafsu makan.

Saya pernah sangat penasaran untuk membuatnya, dan hasilnya? Hmm..kakak dan adik saya pun suka. Padahal membuatnya sangat teramat mudah. Tidak repot dan sangat sederhana. Nah kalau kalian ingin mencoba sambal ini, silahkan mampir ke restoran manado terdekat, pasti ada. Kalau tidak ada, silahkan mencoba membuatnya sendiri di rumah, dibawah saya paparkan resep dan cara membuat sambal asli manado ini. Ini hasil googling, karena kalau resep sesuai selera saya nanti takut menyesatkan. Hehe. Selamat mencoba🙂

Bahan :

  • 10 siung bawang merah, iris tipis
  • 10 buah cabe merah keriting, iris tipis
  • 5 buah cabe rawit, iris tipis
  • 250 gr tomat sayur merah, potong dadu
  • garam secukupnya
  • 2 sdm minyak olive
  • 4 sdm air jeruk nipis

Caranya :

Semua bahan diaduk sampai rata sampai bercampur

2 thoughts on “Sambal dabu-dabu

  1. tommy March 2, 2013 at 1:43 pm

    sadap🙂 dabu dabu iris

  2. febriantarara March 2, 2013 at 11:51 pm

    itu sudah…tamba lagee makangnya dang..haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: