Ikhwal prasangka baik kepada Tuhan

dikutip dari: wasiat-wasiat Ibnu Arabi

penulis: Ibnu Arabi

Berbaiksangka-lah kepada Tuhanmu dalam setiap keadaan. Dan jangan berburuk sangka, sebab engkau tidak tahu, apakah engkau berada pada akhir hayatmu dalam setiap tarikan nafas yang keluar darimu, dan kemudian engkau meninggal serta menemui Allah dalam keadan berbaiksangka kepada Allah, bukan dalam keadaan berburuksangka kepada-Nya. Engkaupun tidak tahu bahwa mungkin saja Allah menggenggammu pada suatu tarikan nafas yang keluar darimu itu.

Tinggalkanlah perkataan orang yang menampakkan prasangka-buruk dalam hidupmu dan menampakkan prasangka-baik kepada Allah disaat kematian menyongsongmu. Yang demikian ini tidak dikenal dikalangan para ulama yang sungguh-sungguh mengenal Allah, karena mereka bersama Allah dalam setiap tarikan nafas mereka.

Didalam prasangka baik itu terdapat faedah dan pengetahuan tentang Allah, yakni bahwa engkau telah memenuhi dan menunaikan hak-Nya. Hak Allah atas dirimu ialah bahwa engkau beriman kepada firman-Nya : Dan kami jadikan kamu dalam keadaan tidak mengetahui (QS Al-Waqi’ah, 56:61).

Mungkin saja Allah menjadikanmu dalam suatu tarikan nafas yang – menurut hematmu – bisa menyebabkan kematianmu. Engkaupun lantas kembali kepada-Nya, padahal ketika itu, tengah berprasangka-buruk kepada Tuhanmu dan menemui-Nya dalam keadaan demikian. Diriwayatkan dari Rasulullah saw. tentang apa yang diriwayatkan dari Tuhannya, bahwa Dia berfirman : “Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Karena itu, berbaiksangka-lah kepada-Ku.” Dan berprasangka baik tidaklah khusus berlaku hanya pada waktu tertentu saja. Jadikanlah prasangkamu kepada Allah sebagai pengetahuan bahwa Dia akan mema’afkanmu dan menyerumu kepada prasangka ini sesuai dengan firman-Nya : Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas kepada diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah (QS Az-Zumar, 39-53).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: