Satu….

Semua sebab pasti ada akibat, semua yang ada adalah bermula dari ketiadaan…lalu semuanya akan kembali menjadi tiada..apakah kita berasal dari satu zat yang sama? Zat yang berwujud bumi, matahari, hewan, dan semua wujud nyata dan abstrak di alam semesta… semua akan berpulang dan kembali menyatu menjadi Esa

Manusia sungguh teramat kecil namun keangkuhannya melebihi tingginya gunung dan luasnya samudra, dengan kemampuan terbatas bahkan ia merasa makhluk paling kuat di jagad raya..tidakkah ia melihat bumi yang begitu kecil dari matahari? Bukankah matahari hanya setitik bintang diantara jutaan bintang? Mereka berkumpul dalam satu galaksi luas yang bergugusan dengan jutaan galaksi dalam alam semesta? Manusia sangat kecil dihadapan-Nya, bahkan dihadapan makluk-Nya yang lain.

Manusia memiliki hati yang bisa sangat luas layaknya alam raya, namun juga bisa sesempit lubang semut…itulah karunia terbesar yang disematkan kepada manusia, sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna..

Aturan Tuhan, aturan keseimbangan..tidak ada adalah ketiadaan dari ada, kegelapan adakah ketiadaan cahaya, kematian adalah ketiadaan kehidupan..setiap zat memiki anti zat..yang mampu saling meniadakan.. dosa bisa terhapus dengan pahala, keburukan bisa terhapus dengan kebajikan, dan kehidupan akan hilang dengan kematian.. namun sesungguhnya, ketiadaan hanyalah nampak dari pandangan sesaat, mereka kembali menyatu kedalam muasalnya..

Tak ada baik buruk, semua hanyalah ketetapan-Nya..kejujuran dan dusta adalah sama..mereka adalah zat yang diciptakan oleh-Nya..pandangan manusia lah yang membedakannya, jujur adalah kebajikan karena diperintah-Nya, sedangkan dusta adalah keburukan karena dilarang-Nya..

Semua yang berawal pasti akan berakhir..keabadian hanyalah Tuhan..akan ada satu titik dimana ruang dan waktu akan musnah…ruang dan waktu adalah satu..ruang adalah batasan pandangan penglihatan makhluk, waktu adalah batas semua awal dan akhir ketiadaan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: