Volunteer Fire Brigade

Beberapa hari lalu saya diajak teman untuk mengikuti seleksi sukarelawan fire brigade. Dari namanya awalnya saya menyangka kalau volunteer ini cuma berhubungan dengan menjinakkan api-apian ajah, mulai kebakaran rokok, jenggot, sampai kebakaran gedung beneran. Gak taunya cakupannya lebih luas, volunteer ini diharapkan bisa tanggap dalam menghadapi segala macam bencana, bukan hanya di lingkungan internal perusahaan namun sampai bencana nasional.

Seleksi pertama masalah fisik, awalnya saya mengira ini cuma formalitas, yah walaupun sedikit dibantu tapi seleksi pertama ini yang bikin saya mau pingsan. Bagaimana tidak, seorang yang jarang olahraga harus menjalani tes lari, pull up, sit up, dan push up di ketinggian 2000 mdpl. Tes lari dibagi menjadi 2, yakni lari mengitari lapangan sepak bola selama 12 menit dan lari cepat 6×10 meter. Sedikit jeda, tes fisik dilanjutkan dengan pull up, sit up, dan push up. Tes hari itu diikuti 3 orang,  teman saya Robbie awalanya keliatan sebagai atlet beneran, gak taunya sama ajah, cuma memang dari ketiga peserta sayalah peserta yang hampir pingsan karena kurangnya oksigen dan mual. *sigh*

Tes kedua dilanjutkan dengan penggunaan pakaian fire fighter. Awal saya menggunakan seragam ini jelas grogi, udah berat ditambah harus bernafas dengan tabung oksigen pula. Mereka sih cuma mau melihat apakah calon volunteer ini nyaman jika harus menggunakan pakaian serba tertutup rapat dengan tabung oksigen dan pergerakan terbatas. Setelah itu baru kita diwawancara, yang sepertinya hanya ingin memastikan kesediaan volunteer bisa komit mengikuti training dan tidak keberatan jika harus dipanggil mendadak jika terjadi bencana. Alhadulillah kami bertiga lolos dan siap menjadi volunteer fire brigade🙂



Mungkin saya boleh cerita sedikit mengenai fire brigade ini, kebetulan volunteer fire brigade ini adalah program dari ERG yang masuk kedalam departemen safety. Tugas utamanya adalah sebagai tanggap darurat apabila terjadi bencana di internal perusahaan maupun eksternal mulai dari longsor, kebakaran, gunung meletus, banjir, dan lain-lain. Tahun lalu misalnya, tim volunteer perusahaan saya dikirim untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana di mentawai, wasior, dan merapi. Menurut saya dan teman saya Robbie, menjadi volunteer fire brigade ini seksi, kenapa? karena secara fisik memang terlihat demikian, terutama seragam yang digunakan. Selain itu ERG banyak mengikuti kompetisi fire and rescue, dan tahun kemarin tim dari perusahaan saya meraih juara 2 umum dalam kompetisi nasional fire and recue (NFRC) ke-2 yang diadakan di Balikpapan. Pada tahun inipun perusahaan menerima penghargaan kemanusiaan dari Kementrian ESDM karena aktif turut serta menganggulangi bencana alam di Indonesia.


Ada beberapa alasan mengapa saya berminat untuk menjadi volunteer ini. Pertama, tersedianya banyak training berkualitas dan license yang bisa diambil. Sebagai contoh, mulai training first aid, fire fighting, diving, sampai training penyelamatan menggunakan helikopter. Setiap bulan setidaknya ada 1 training dan latihan fisik yang harus diikuti oleh para peserta. Kedua, adanya kesempatan untuk beramal dan menubuhkan jiwa sosial. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya dengan ikut sertanya para volunteer membantu penanggulangan bencana di Indonesia menarik saya untuk bergabung dengan program ini. Betapa bangganya dan merasa berharganya seseorang apabila ia ikut serta dalam membantu saudaranya yang terkena musibah. Ketiga, it is about money. Walaupun ini adalah program volunteer namun perusahaan memberikan uang saku setiap bulan kepada para peserta jika mengikuti training pada bulan tersebut. Jumlahnya memang tidak besar namun lumayan buat nambah beli pulsa. So, saya sudah tidak sabar untuk mengikuti training pertama saya di bulan maret ini, mudah-mudahan tidak ada halangan dan bisa berpartisipasi selama mungkin. ^_^

2 thoughts on “Volunteer Fire Brigade

  1. Lutfi February 26, 2011 at 4:02 pm

    Keuntungan keempat : tanda2 bakal lama ni mengabdi d PTFI…😉

  2. febriantara February 27, 2011 at 2:19 am

    hahaha..ga bisa dipungkiri ini daya tarik yg sgt besar buat gue om..mkanya mudah2an stakeholder gue (bos2 mksudnya) bs memahami ..klo ga ya let we see🙂

Leave a Reply

